Solusi tidak bisa index saat inspeksi URL - trik jadul

Webmaster tools


ILHAM.EU.ORG - Seperti yang banyak orang ketahui saat ini fitur request indexing telah di non aktifkan oleh google untuk sementara. Namun faktanya sampai saat ini fitur tersebut masih belum bisa digunakan. Ini berdampak pada blogger receh dan blogger baru yang sangat mengandakan fitur request indexing manual pada saat inspeksi URL di google webmaster tools.


Sebenarnya sudah dijelaskan oleh google sendiri cara indexing postingan agar terindex di mesin pencarian melalui pengumuman yang di berikan oleh google. Postingan akan tetap terindex meskipun fitur request indexing atau minta pengindeksan manual di non aktifkan, namun itu tergantung berapa lamanya google bot merayapi situs blog atau web kalian.


Sedikit trik klasik atau trik jadul untuk mempercepat proses pengindeksan tanpa melalui fitur permintaan index ada  tiga cara yang sangat mudah. Berikut trik jadul yang dirasa akan mempercepat proses pengindeksan untuk muncul di halaman pencarian google.


Trik jadul untuk solusi tidak bisa indexing url

  • LANGKAH PERTAMA

Langkah pertama adalah dengan mendaftarkan kembali sitemap pada peta situs di webmaster tools. Sebagai contoh saya memiliki 3 url peta situs untuk dirayapi google bot. maka saya akan copas semua dan kirimkan kembali.

Peta situs blog

Kirim kembali peta situs blog

  • LANGKAH KEDUA
Langkah kedua adalah dengan cara uji url aktif saat inspeksi url. Cara ini dimaksudkan agar secara tidak langsung kita memberitahu google bahwa ada url kita yang belum aktif dan mencoba mengeceknya dengan uji url aktif.

Uji url aktif saat inspeksi url

Url tersedia saat inspeksi url

  • LANGKAH KETIGA
Langkah ketiga setelah berhasil menjalankan langkah pertama dan kedua adalah dengan cara ping ke webmaster tools. Dengan ping ke webmaster juga seolah-olah kita mengingatkan google bahwa ada url dari blog kita yang belum di index. Berikut url untuk ping ke google webmaster tools :
http://www.google.com/ping?sitemap=https://ilham.eu.org/sitemap.xml

Ping ke webmaster tools


Demikian solusi cara index url manual saat fitur request indexing tidak tersedia di webmaster tools. Cara jadul tapi paten, semoga berguna khususnya blogger baru atau blogger pemula seperti saya.
LihatTutupKomentar